GREAT Info 18

NO MORE PLASTIC IN THE EARTH

Hari Bumi pertama kali dirayakan pada 1970, hampir setengah abad yang lalu, dan gerakan ini dimulai di Amerika dan secara cepat menyebar ke seluruh dunia. Orang merayakan hari itu dengan langkah penyelamatan lingkungan seperti membersihkan daerah tertentu, demonstrasi publik, menanam pohon, dan pada 2016, penandatanganan persetujuan iklim Paris yang bertujuan untuk mempertahankan iklim agar terkendali.

Tema untuk 2018 adalah pencemaran plastik. Pakar mengatakan, sebuah kumpulan besar sampah plastik terbentuk di Samudra Pasifik, dan dikenal sebagai the Great Pacific Garbage Patch atau Kumpulan Sampah Besar Pasifik. Daerah cakupannya telah meliputi lebih dari 960 ribu kilometer persegi, atau dua kali luas negara bagian Texas.

Kumpulan sampah ini berkembang kurang dari seratus tahun, karena plastik baru banyak dipakai sejak tahun 50-an. Ini merupakan kumpulan sampah di samudra yang dipertemukan akibat pola cuaca dan aliran samudra. Pakar mengatakan banyak jenis plastik tidak hancur dan bisa bertahan di lingkungan sampai 2.000 tahun.